Perlu Dukungan Penuh Pemerintah Membangun Ekosistem Digital

JAKARTA -- Mantan CEO XL Axiata Hasnul Suhaimi mengingatkan bahwa Indonesia mempunyai peluang untuk tumbuh sangat cepat dan besar dalam industri digital.

"Kebutuhan terbesar adalah dukungan dari pemerintah untuk membangun ekosistem industri digital di Indonesia agar bisa mengatasi ketertinggalan dari negara lain,'' kata Hasnul saat berbicara dalam Talkshow Indonesia Technology Forum 2016 di Jakarta, Kamis (28/4).

Hasnul yang juga pembina Indonesia Technology Forum mengungkapkan bahwa penetrasi Internet harus bisa ditingkatkan dengan cepat. Pemerintah juga harus membuka jalan dan memberikan berbagai insentif agar industri digital ini bisa tumbuh dan mendapat akses pendanaan.
 
Sementara itu kepada pelaku industri digital baik itu produsen hardware maupun pengembang aplikasi, Hasnul berharap mereka terus meningkatkan kualitasnya agar bisa bersaing di tingkat global. Selain itu juga sekaligus memperkuat jumlah pemakai agar membeli nilai lebih, serta menerapkan strategi marketing yang jitu agar lebih populer di kalangan masyarakat.
 
Berdasarkan data yang dihimpun dari We Are Social (2016), pengguna internet Indonesia sekitar  88.1 juta orang dengan pengguna media sosial sebanyak 79 juta. Sementara itu, jumlah pengakses social media dari smartphone sebanyak 66 juta. Yang menarik, jumlah pelanggan seluler yang terkoneksi dengan handphone jauh melebihi populasi yaitu mencapai 326,2 juta.



Download NowSource


Comments

Popular Posts

Contoh Invoice Sewa Mobil

Cerita Cinta Tentang Kita Full Movie

Cerita Seram Dari Luar Negeri