Jambore Sapu Gunung, Cara Pecinta Alam Bersihkan Sampah di Alam

JAKARTA -- Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bekerja sama dengan mahasiswa pencinta alam berupaya menjaga taman nasional yang bersih sampah. Keduanya ingin mengedepankan paradigma baru zero waste untuk menjaga kelestarian  dan keberlanjutan  taman nasional dan destinasi wisata Indonesia melalui kegiatan Jambore Sapu Gunung.

Kepala Biro Humas Kementerian LHK, Novrizal mengatakan kegiatan ini akan berlangsung Sabtu (30/4) ini dipusatkan di area perkemahan Ranu Pani, Gunung Semeru, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Dalam kegiatan ini juga akan diresmikan Deklarasi Gunung Lestari. Jambore Sapu Gunung Indonesia 2016 akan dihadiri oleh 1.000 orang dari sekitar 300 komunitas pencinta alam dan komunitas outdoor Indonesia yang akan membacakan Deklarasi Gunung Lestari.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3) serta Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosis tem (KSDAE) menginisiasi kegiatan ini bekerjasama dengan media lingkungan hidup Greeners serta komunitas Mahasiswa Pecinta Alam.

Kegiatan sapu gunung ini pertama kali dilakukan pada tanggal 12 Oktober 2013 di wilayah Taman Nasional Gunung Halimun Salak dengan melakukan operasi bersih (opsih) yang diikuti oleh Mapala di wilayah DKI Jakarta dan Jawa Barat. Pada tanggal 11 April 2015 juga telah dilakukan kegiatan sapu gunung yang berlangsung di Taman Nasional Gunung Tambora dan dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo.

Novrizal menjelaskan kegiatan sapu gunung ini sejalan dengan Progam Revitalisasi Presiden RI di bidang pariwisata melalui penetapan 10 destinasi wisata Indonesia, yang salah satunya adalah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru di Jawa Timur (TNBTS). Dia berharap kegiatan Sapu Gunung ini akan menjadi titik balik dan titik awal pengurangan dan penanganan sampah di taman nasional sekaligus mendukung Program Nasional Indonesia Bersih Sampah 2020.



Download NowSource


Comments

Popular Posts

Contoh Invoice Sewa Mobil

Cerita Cinta Tentang Kita Full Movie

Cerita Seram Dari Luar Negeri